Jumat, 22 April 2011

Selamat Hari Bumi! :D

Haaai, umat manusia! Selamat Hari Bumi, dan Selamat Jumat Agung, dan selamat buat anak-anak kelas XII yang sudah beres UAN.  

Wah, banyak juga ucapan selamatnya.  Hihihi. ;)

Hari ini, saya punya banyak camilan favorit! Mulai dari black chocolate, Tae Kae Noi, Vita-Weat, dan kejuu.  Semuanya gratis, karena dikasih... *horeee 

Dan hari ini saya masak sayur bening (jangan khawatir, sampah organiknya dibuang ke kebun kok)! Walau lupa beli jagung... 

Tadi pagi saya makan sebuah kiwi! :D Senang.  Enak dan (rasanya) sehat.  Mulai hari komitmen saya semakin kuat untuk hidup sehat dan didominasi sayur buah.  Yipi!

Well, ngomong-ngomong, saya udah bolos lompat tali selama dua hari (huahaha...).  Kenapa sih, komitmen olahraga susah? Huf.  Apa emang bawaannya aja males olahraga? Ada yang punya saran supaya tetap rajin olahraga? 

Oke deh. Saya mau menikmati Hari Bumi dulu.  Hihi.  :) 

all the best for Mother Earth!


Selasa, 19 April 2011

Hai!

Ini mantera baru saya: 

Un chasseur ne sachant pas chasser sans son chien n'est pas bon chasseur.  

(ang syaseur ne sasyong pa syasér sang song syang né pa bong syaseur)

Ucapkan berkali-kali di depan cermin dengan ketukan 80 di metronom.  Niscaya akan lebih fasih berbahasa Perancis. Hihihi! 

Kawan, saya lagi rajin lho! Rajin olahraga.  Lompat tali dan senam-senam setiap pagi.  Biar sehat bugar dan nggak loyo dan nggak gembyor.  :)) 
Dan ngomong-ngomong, saya lagi suka banget sama Katon Bagaskara! Pertamanya ngebet lagu Negeri di Awan.  Lagunya memang bagus banget... 

Liriknya kayak gini: 

Negeri di Awan
Katon Bagaskara

Di bayang wajahmu
kutemukan kasih dan hidup
yang lama lelah aku cari
di masa lalu

Kau datang padaku
kau tawarkan hati nan lugu
selalu mencoba mengerti
hasrat dalam diri

Kau mainkan untukku
sebuah lagu
tentang negeri di awan
di mana kedamaian menjadi istananya
dan kini tengah kau bawa
aku menuju ke sana

Ternyata hatimu
penuh dengan bahasa kasih
yang terungkapkan dengan pasti
dalam suka dan sedih
  
Manis banget liriknya.  Nadanya juga.  Bagi saya, lagu tersebut mengingatkan saya pada langit biru, awan putih, dan pelangi.  Dan videonya pun bagus banget.   Pokoknya empat jempol deh! Yang lebih menyenangkan: bikinan Indonesia, bo! 

Buat yang kelas tiga SMA, selamat UAN ya. Semoga sukses.  Sukses jaya makmur! *kayak nama toko
:))

Rabu, 13 April 2011

Kelas Baru!

Yap.  Bukan di sekolah, tapi di CCF! :D Periode kursus April sudah dimulai.  Ah, di luar sana ini musim semi.  Le printemps

Nah, kelas baru saya, A1/2 sekarang, kemarin cuma masuk 3 orang.  Mereka adalah saya, Dea, dan Turin.  Udah aja.  

Guru kami adalah Mademoiselle Tanti.  Orangnya menyenangkan! :) 

Pelajaran dibuka dengan stimulasi otak lagi.  Diajak ngomong dalam Bahasa Perancis, ditanya satu-satu alasan les.  Udah gitu, dikasihtau materi pengajaran periode ini, yang bahannya dari buku ECHO.  

Sesudah itu, baru masuk kursus sebenarnya.  Kami menjelajah tempat-tempat wisata di Perancis! Wuhu! Semakin ingin ke Perancis! :) 

Habis gelap, terbitlah terang.  Habis jalan-jalan, kami belajar grammaire juga akhirnya.  Kami bikin kalimat perbandingan.  Plus, moins, aussi dan très atau trop.  

Begitu beres, saya dijemput sama Abang + Mama, dan kami ke Dago Plaza makan di Suis Butcher.  

Menu kami malam itu: 
♦ Tenderloin Parmegiana
♦ Lamb Chop
♦ Sirloin lupanama
♦ Goulash Soup
♦ Tuna Salad
♦ Hot Chocolate
♦ Fruit Punch 
Semua hidangan nilainya A++ ! Wuih. Saya salut sama kokinya.  :) 

Sudah, sekian berita dari saya.  

Ngomong-ngomong, sekarang saya punya tempat main baru bersama Inez, lho: 

Klik dan ikutilah blog Alkisah ini! Makasih. :)



Senin, 11 April 2011

Bicara Buku

Saya terakhir ini baru baca teenlit. Wow! Udah lama nggak baca kategori tersebut.  :) Pilihan saya jatuh pada Karena Aku Sayang karya Kak Anjar.  Itu tulisan pertama karya beliau yang saya baca.  Ceritanya lucu juga.  Bikin senyum-senyum.  

Sebelumnya, say baru namatin Keberangkatan karya NH Dini.  Klasik, tapi menarik, masih bisa dibaca tanpa merasa kuno.  (dibuat tahun 70an)  

Udah sih.  Cuma mau bilang begitu.  Huahahaha! 


Sabtu, 09 April 2011

ACME CLIMATE ACTION

Saya mau ngobrolin sebuah buku! :D Ini buku yang saya kasih nilai sejuta bintang, berhubung kualitas dan kuantitasnya tak diragukan.  

Buku yang mengajak kita melakukan sesuatu untuk lingkungan hidup secara langsung dan menyenangkan ini, judulnya: ACME CLIMATE ACTION

Apa yang ada dalam buku ini? 
Banyak! Mulai dari stiker-stiker yang mengajak dunia bergerak menghemat listrik, air, melakukan 3R, berhenti pakai kantung plastik, mengurangi perjalanan terbang, dan sebagainya.  
Kartu pos pun ada.  Semuanya mengandung desain yang berpesan lingkungan hidup.  
Belum pula ditambahkan berbagai hal seru seperti roda emisi karbon, di mana tertera angka emisi karbon dari setiap kegiatan kita.  Berbagai ide DIY (do it yourself) juga dikasih di dalam buku.  Wah, pokoknya interaktif banget! Saya jatuh cinta sama buku ini, sampai saya jadiin buku keramat.  Stiker-stikernya saya tempel di kartu ulang tahun teman segala.  Hihihi! :D 

Biar nggak penasaran, ini dia fotonya: 

Nah itulaaah, buku kesayangan saya.  :) Dulu dibeliin Abang di toko buku Aksara Jakarta.  Pas dia kerja di Jakarta.  Bulan ini/ bulan depan, dia bakal balik ke Jakarta lagi lho! :D 

 

Senin, 04 April 2011

Makan Melulu

Ya, selera makan saya memang agak ketinggian.  Kemarin waktu diskusi sama Abang, kami membicarakan ini: 

Senojang (abang saya) : Ning, kita dikasih uang buat Mama, disuruh makan! 

Ningrum : Wah! Asyik! Ayo, kita makan apa? 

Senojang : Lu aja yang makan.  Gua mah mau buat yang lain.  Makan di rumah.  

Ningrum : (cemberut) Kok gitu? Kan lebih asyik makan bareng.  Lagian aku laper nih, baru pulang latihan orkestra. 

Senojang : Ning, gua mah kalau punya duit, mending main atau beli buku pengembangan diri, da, daripada makan!

Ningrum : (muka lapar) Aku sih jauuuh lebih suka makan.  Main itu fana.  Buku bisa minjem.  

Jadi tersimpulkanlah perbedaan pemakaian uang saya dan Abang.  :P Saya memang sukaaa makan.  Makanan itu, secara fisik kelihatan, hati senang kalau penampilannya bagus.  Terus jika rasanya enak, tambah-tambah deh poinnya.  Udah gitu, makanan biasanya mengandung aroma penuh kenangan yang sensasinya gimanaaaa.  Hahahaha.  
Sarapan saya tadi pagi asyik juga, lho: 


Vita-Weat adalah snek favorit saya! Rasanya tidak terlalu manis atau asin, hambar-hambar saja, kecuali yang memang diberi rasa (ada rasa barbekyu dan saus krim asam).  Semuanya sih enak, kalau menurut saya.  :) Yang jelas, snek ini terbuat dari brown rice asli, tidak mengandung kolesterol, dan proses pembuatannya dipanggang, bukan digoreng.  Wow! 
Sayangnya, agak susah dicari.  Ini aja beruntung nemu di Yogya CiWalk.  Bonus sup krim instan. 

Nah, ini sup krim instan yang berbonus Vita-Weat plain itu.  Campbell's sup segera! Tadi pagi saya cobain, ditemani roti Perancis diberi mentega dan bubuk bawang putih.  

Enak banget, lho! Nyam! Saya jadi pingin sarapan 3  kali.  Hihihi.  

Yang paling istimewa, supnya tanpa MSG! :D Saya musuhan sama MSG (entah kenapa, sih, mungkin sentimen aja sama bahan kimia, seperti waktu SMA musuhan sama pelajaran Kimia).  

 Selain Vita-Weat, saya juga fanatik sama SoyJoy.  Banyaaak yang nggak suka.  Rasanya memang agak ajaib.  Edgy, bisa dibilang.  Tapi low GI, lho! :D Hahaha.  Dan kemasannya lucu, praktis, bisa dimasukkin ke kantong dan dimakan sambil nongkrong. 

foto: dari soyjoy.co.id


Bicara tentang Yogya CiWalk, waktu itu saya makan ramen di Gokkana Teppan bareng Abang dan Bundo.  Terus, kami belanja dikit.  Soalnya besok nggak punya sarapan pagi.  Udah gitu kami malah nonton Gnomeo & Juliet.  Jam sepuluh malem! 3D! *malem Mingguan gila  

Tapi itu film lucu banget deh! Kadang-kadang lawakannya pun tak terduga.  Hihihi.  :o)

Tokoh-tokoh dalam film tersebut adalah: 
Patung bajang keramik (gnome),
patung cendawan,
patung katak gendut ganjen,
...dan kawan-kawan dan ada manusia dan patung Shakespeare

Mereka berasal dari dua tempat yang berdampingan, tapi musuhan! Topi merah dan topi biru.  Suatu kali, Gnomeo dari Topi Biru bertemu Juliet dari Topi Merah dan mereka jatuuuuh cinta.  Apa yang akan terjadi selanjutnya? Hmph.  Tanya Shakespeare, gih! :))
Yang jelas, cerita ini akan menghibur banget!



Bagaimana hari kalian? :) Oh iya. Sesubuh jam 3.00-an (4 April 2011)  tadi, katanya ada gempa lho.  Mudah-mudahan nggak apa-apa ya. Bumi memang lagi senang ajojing.


Jumat, 01 April 2011

Hanya. Foto. Foto.

Museum Topeng dan Wayang
Ubud, Bali

Topeng Afrika

Beradu dalam Sorot Lampu

Wayang Betawi, seperti karnaval beraneka ragam manusia

Jawa Tengah. Berbau Keraton, bukan?


Sambutan

terima kasih kepada: 
Bapak Prayitno, pemilik museum.  :)
        Orang tuaku.
            Leluhurku, yang menciptakan aneka wayang serta  topeng menakjubkan.


Pluto Kizka
Gempol Wetan 147

Pluto kecil.                                    Pluto besar.

Kizka Si Cantik

n.b: Saya lagi ngemil Czerny dan Camer-Bülow sekarang (kumpulan latihan teknik piano).  Suplemen harian dari Kak Angie tersayang (guru piano).  Uh yeh! Latihan, Ningrum, latihan! :)

Saya Kangen Chatz Mie


Ini dia isi tas saya.  Tebak saya mau ke mana!
Mereka menjadi teman-teman baru saya! :D Baru dari manakah saya?
Ya! Saya baru kembali dari Pulau Dewata tercinta! :D Bagian Indonesia yang saya cintai! Seutuhnya.  Pantainya, manusianya, suara-suaranya (gamelan, gamelan!), tempat-tempatnya, makanan-makanannya, hangat mataharinya.  

Dengan libur sehari ditemani makanan-makanan enak, yakni bebek goreng, sate babi, ikan bakar, udang bakar saus merah, cumi goreng tepung, sambel bawang, kangkung...ah, udahlah, saya pasti menggendut.  :P 
Dan itu, si Oxford French Mini Dictionary, adalah harta karun yang dari dulu saya cari, tetapi susah nemu, saya ketemu di Periplus.  Bagai takdir saja.  Hahaha.  Akhirnya saya beli deh. :P 

Kalung dan gelang itu hasil berburu di Tanah Lot.  Nawar-nawar ke ibu yang jual, sampai 2500-an (gelangnya).  Lumayan, lumayaan.  :D 

Ada foto-foto lucu di sini, kawan.  Anak-anak pramuka berwajah imut! 

Saya merasa banyak inspirasi.  Dan tenang, karena seminggu liburan dan makan enak (hahahaha, itu yang paling penting!).  

Selain itu, Papa saya ulang tahun.  Selamat ulang tahuuun, Ayahanda! *niup-niup terompet norak *oh iya, kami makan ayam betutu untuk merayakannya. 

Selesailah kisah Pulau Dewata.  

Perjalanan berlanjut di Bandung, esok hari sesudah saya pulang.  

Saya dan Estherminaluriskandangolalamasukutukartumpul serta segenap staf, eh, Manda, Pepo, Pichu, Rinaldi, dan Jeremia (eh, jeremiya atau jeremy ya? Ah, pokoknya dipanggil 'Kojer') nonton Chopin Night, sebuah resital piano tunggal oleh Sashia Tjia, bertajuk: 

La tristésse durera toujours...
-pour mon pére-

Jadi karya yang dibawakan adalah: 
5 Ballade
1 Piano Concerto
12 Etudes

Dan jarinya...bikin...SIRIK! Amit dah.  Kuereeen! Kok bisa sih jarinya sepintar itu? Saya langsung komat-kamit doa minta kebaikan Tuhan memberi saya kecerdasan semacamnya, tetapi jawabNya: "Makanya, rajin-rajin latihan, Ningrum!"

Hahaha, Tuhanku, Engkau terdengar seperti guru piano saya.  Tapi terima kasih.

Yang teristimewa dari perjalanan hari itu adalah (jalan apanya? Wong cuma nongkrong di CCF!), saya dan Esther menemukan, mendapatkan kesempatan untuk makan PIZZA MARGARITA le bistrot YANG tipis, kriuk-kriuk beraroma lezat dan rasanya sedap!
Pakai nambah Greek Salad pula, semangkuk berdua.  Bau bawang bombay pun semarak ke mana-mana, ditambahi buah zaitun, keju feta, dan lain-lain.  Enaknya selangiiit! ~

Di hari ini, khusus, saya merenung penuh rindu kepada Chatz Mie.  Huks.  Saya kangen itu mie rasa pizza, spageti, ayam goreng, ayam panggang saus plum.  Baunya khas, perpaduan asin-manisnya oke banget.  Huh! Ini gara-gara kakak saya ngingetin tentang Chatz Mie (dan sekasus sama Peko-Poko, kami nyari-nyari namanya di Google, saking lupanya). 

Terus siang tadi saya ke Rumah Engkong, ketemu sepupu yang lagi nginep, dan bertemukangen sama Kizka, anjing item yang baru beranak, lagi.  Dia meluk-meluk saya, sampe sakit pinggang--berhubung dia kalau berdiri memang cuma setinggi pinggang saya.  


Ahoy! Demikian salam saya.  :D   Ada kuotasi bagus untuk TIDAK menyesali masa lalu: 

"If I could have done better, I would have"

Jadi, apa yang terjadi di masa lampau, memang sudah seharusnya kok (dan terbaik untuk saat itu).  :) Smile, and forgive yourself