Kamis, 16 Mei 2013

Kesayangan ♫♪♥

Buku anak-anak memang selalu menarik hati.  Walau sejujurnya saya masih lebih respek dengan buku anak-anak buatan Eropa atau Amerika atau Jepang, karena ilustrasinya dikerjakan sepenuh hati, dan ceritanya juga mangkreng.  

Buku anak-anak di Indonesia masih terus menerus membahas moral dan disiplin, yang sebenarnya bukan hal jelek, tapi lama-lama jadi nggak penting karena kebanyakan.  Tetapi cerita anak-anak sini kurang unsur cinta dan senang-senangnya--yang sebenarnya adalah dunia bocah yang sesungguhnya.  
Kalau urusannya cerita daerah, sih, beda lagi.  Malah ada satu seri cerita daerah yang menurut saya gambarnya bagus-bagus.  Eh, ternyata ilustratornya memang sudah 'suhu' semua, alias sudah senior.  Jadi memang matang deh gambarnya.  :)  Tapi untuk kisah-kisah baru, saya belum begitu puas sama produk buku anak-anak Indonesia.  Apalagi ilustrasinya kadang serba digital, instan, sehingga tidak tampak 'menyatu'.  Jadi kurang menyenangkan saja.  :')  

Suatu hari, saya menemukan buku ini di Bandung Book Center, Giant, PHP (Pasteur Hyper Point): 

Emang kelihatan konyol. Tapi itulah kelebihannya. Ini buku emang konyol banget isinya. Sampulnya aja yang alim. Sekedar konyol? Nggak! Ceritanya menyentuh banget, lho! Cenderung absurd, sih. Jadi dua makhluk amfibi ini bersahabat, dan ada beberapa peristiwa lucu yang membuat mereka semakin akrab.  
Misalnya, salah satu sakit, yang satu ingin merawat dan ceritanya sih mau ngedongengin biar seru.  Tapi saking nggak dapet-dapet ide, dia sampe jungkir balik, jeduk-jedukkin kepala ke tembok, banjur muka pake air, sampe akhirnya dia pusing sendiri, temen yang sakit sembuh, dianya malah pusing lalu tertidur pulas.  :)) 

Lainnya? Si Frog/Toad (saya lupa yang mana) sedih karena kotak suratnya selalu kosong, nggak ada yang kirim surat.  Lalu temannya nulisin surat buat dia, dan dia titipin ke siput.  Yah, namanya juga nitip ke siput, ya, kapan sampainya? Dia udah bilang ke temannya untuk menunggu surat datang di depan rumah, tetapi suratnya tak kunjung tiba sampai akhirnya ia mengakui bahwa ia mengirim surat.  Beberapa hari kemudian, setelah penantian yang lucu, suratnya pun tiba.  Hore! :D  

Masih ada beberapa cerita lainnya, tidak terlalu banyak, tetapi semuanya menarik. Mana disertai ilustrasi sederhana yang entah kenapa kocak banget.  :3

Tentu, tidak ada urusan moral-moralan dan didikan macem-macem di sini.  Tanpa unsur demikian pun, cerita ini sesuai buat anak-anak!  Selain lucu, kisahnya sederhana dan ngena banget. Persahabatan!   :) 

Punya buku-buku lucu yang direkomendasikan, Teman-Teman? :D 

Sedikit foto-foto kecil... 





keterangan: 
un Kumpulan oleh-oleh dari seorang teman :) Terima kasih, ya! 
deux Saya pake aksesoris rambutnya Bershka, yang entah kenapa supereklektik dan asyik. 
troit Si aksesoris rambut dalam sorotan.
 

Tidak ada komentar: