Kamis, 19 April 2012

Diwawancara Pengamen

Seperti yang sudah-sudah, dan masih akan berlanjut, sepulang les bersama Devika, saya pasti lewat Jalan Pasirkaliki yang ditongkrongin para musisi jalanan bertato.  :) 

Beberapa hal sudah saya alami selama lewat di sana dengan Devika dalam gendongan.  Misalnya ini. Tetapi, pengamen memang bukan sosok yang buruk bagi saya.  Mereka pintar-pintar.  Mereka kocak.  Dan saya dan mereka ya sama-sama musisi! Jadi saya pikir, sama saja.  Hanya saja mereka mencari uang di jalan, saya di ruangan.  Tapi di samping cari uang, tentu kami pun sama-sama punya semangat bermusik! *optimis*

Nah.  Selasa kemarin, saya baru masuk ke dalam angkot St.Hall-Sarijadi ditemani Devika.  Duduknya dekat Pak Supir, tapi di bangku belakangnya.  Pojok, biar Devika bisa bersandar.  

Kemudian datanglah seorang musisi bertato, rambutnya dicat pirang, dan badannya besar, membawa gitar.  Ia berdiri di ambang pintu angkot, lalu mulai bernyanyi.  Suaranya serak-serak ngebas! Enak sih, dan kalau dilatih pasti jadi sesuatu. 

Tapi...dia memandangi saya terus.  Mungkin tepatnya, memandangi Devika si viola.  Saya agak grogi.  Jadi saya nengok ke depan, samping, belakang, pokoknya ke mana-mana selain kepadanya.

Sekonyong-konyong, ia bertanya, "Mbak, itu biola ya?"

Dan dimulailah obrolan singkat antara saya dan sang musisi: 

dia   : Kursus ya, Mbak? 

saya:Iya

dia   : Di mana? 

saya:  Sukajadi, A

dia   : Kalo biola 'kan, baca not balok ya? 

saya: Betul 

dia   : Gitar juga ada not balok? (loh, saya rasa dia pegan gitar, deh!)

saya: Ada, tapi kebanyakan gitar sih bacaannya kunci-kunci, kecuali gitar klasik

dia   : Suka musik apa?  Klasik, ya, kalo biola? 

saya :Apa aja suka, A, saya mah.  Klasik, rock, jazz, segala rupa. 

dia   :Oh iya, kalo biola mah mainnya pake piling (feeling) ya? 

saya: Ya, perlu pake feeling, tapi sebetulnya si jari-jari tuh ada formasinya.  

dia  : Ooo...ada pormasinya? 

saya: Bukannya biasanya ada yang main biola juga, 'kan? 

dia  : Iya, ada...

Dan angkot bersiap melaju.  Mesin dinyalakan.  Si pengamen bangkit berdiri.  

dia  : Ya udah, Mbak.  I hope you can be a good musician! (ngacungin jempol)

saya: (terharu) Thank you

WOHOW! Sesuatu banget nggak, sih? Biasanya orang-orang yang mewawancara pengamen, lah ini saya yang diwawancara.  Rasanya saya pingin turun dari angkot dan duet dah sama si Aa Gitar! Hahaha.  Kata-kata terakhirnya tadi juga menyentuh saya.  Ada pengamen yang mendoakan saya, rasanya...wah, wah, wah!

Semoga suatu saat nanti saya bisa bikin sekolah musik gratis buat para pengamen.   Supaya mereka lebih okelaah.  Soal mereka mau cari duitnya di jalan atau di gedung, bebas, itu suka-suka mereka.   Saya nggak akan menghakimi bahwa cari duit di jalan itu dodol. 

Ayo, ada yang mau kerjasama bareng saya? :)





7 komentar:

Obat Alami Darah Rendah (Hipotensi) mengatakan...

wahh,,di integrasi sama pengamen,,,,pnglaman baru,,hhe
makasih udah share

Thalasemia mengatakan...

artikel yang menarik ,,,hhe,,
terima kasih ats artikelnya,,ditunggu artikel selanjutnya

Anonim mengatakan...

Pake anonim, tp ini Inez.. hahah..

Terakhirnya dia beneran ngomong pake bahasa Inggris?! O_O!
WHOA...

AYO BIKIN SEKOLAH MUSIK GRATIS UNTUK PENGAMEN! TP ADA KELAS REGULER PRABAYARNYA BUAT NGEBIAYAIN MEREKA! KEREN TUH!

Ningrum mengatakan...

Hipotensi: Terima kasih. :)

Thalasemia: Yaa, terima kasih, sama-sama. :)

Anonim Berkedok Inez ;) :
Iya! Aku aja kaget. Canggih ye. :P

AYOOOO! ASYIIIK! XD HIHI, REGULER PRABAYAR! BETUL! :D JADI SEMUA BELAJAR, SEMUA KEBAGIAN! *eyah, pake huruf gede semua *SEMANGAT*
ENTAR KITA OBROLIN LAGI YAH!

Chris mengatakan...

Hello! After visiting your blog, I invite you to join us in the "International Directory Blogspot"
For this is the very simple, just follow our blog, enter your Country, your blog url, and you will automatically integrate into the Country list.
We are fortunate to be on the Blogspot platform that offers the opportunity to speak to the world to share with us the different passions, fashion, paintings, artwork, photos, poems and so be able to find in other countries people with similar passions.
I think this community could also interest you.
Have a great day with the hope that you follow our blog "Directory".
After your approval to join us, you will receive your badge
Regards
Chris
To find out, click on the link below:
http://world-directory-sweetmelody.blogspot.com/

chris mengatakan...

Hello from France
I am very happy to welcome you!
Your blog is accepted in the Indonesia section in a minute!
On the right side with the books of green! You will find the country with the names of blogs by Country
The creation of this new blog "directory", allow a rapprochement between different countries, knowledge of different cultures and share traditions.et us different passions, fashion, paintings, crafts, cooking, photography, poetry and so be able to find in different countries in other people with similar passions.
We are fortunate to be on the Blogspot platform that offers the opportunity to speak to the world.
The more people and more opportunities that will, yes, I confess, I need people to know this blog!
You are in some way the Ambassador of this blog and your Country.
This is not a personal blog, I create for all to enjoy
It is you also have to make known after your contacts and friends in your blog domain, the success of this blog, depends all Participants.
So during your next comments with your friends ask them to come in the 'Directory' by joining in joining in our comments:
*** I am in the directory come join me! http://world-directory-sweetmelody.blogspot.com/ ***
You want this directory is more important? help me to make it grow
Your blog is in the list Indonesia and I hope this list will grow very quickly
Regards
Chris
We ask that you follow our blog and place a badge of your choice has to know the "directory" to your friends to put on your blog
http://nsm05.casimages.com/img/2012/03/19/120319072128505749603643.gif
http://nsm05.casimages.com/img/2012/03/24/1203240217091250289621842.png
http://nsm05.casimages.com/img/2012/03/26/1203260602581250289633006.gif
http://nsm05.casimages.com/img/2012/03/28/120328020518505749640557.gif

If you wish to know the blog of your friends, send me their urls


PLEASE MADE FOLLOWED OUR BLOG 'DIRECTORY"

chris mengatakan...

Terima kasih atas tertulis beberapa kata dalam bahasa Prancis ke blog saya
Saya berharap Anda hari besar
ramah
Chris