sepintas kecerewetan

Sabtu, 24 September 2011

Me, The Real Babbler

Dari kecil saya kayaknya udah agak cerewet (bukan AGAK lagi sih). Untungnya, kecerewetan saya dapat disalurkan ke buku-buku manis bernama buku harian, yang biasanya diawali dengan Dear Diary, tapi saya mah nggak.  

Pemirsa, coba tengok, berapa banyak beban yang harus saya bawa jika pindah rumah setelah menjadi penulis lepas kendali? Buku harian sebanyak ini! 

Siapakah mereka? Kumpulan buku yang saya coret-coret selama 7 tahun! Yap. Kita mulai dari ujung kiri, walau tak sesuai urutan periodikal.  

1. Buku coklat dengan ring itu, diary saya pas peralihan kelas 8 ke kelas 9.  Masanya labil dan naksir cowok jadi masalah.  Zamannya punya loker di kelas yang isinya buku pelajaran dan punya saya rapi gila sampai diomelin temen karena lelet kalau lagi naruh buku di loker (soalnya loker dia tetanggaan, jadi kan harus nunggu saya).  Itu maskotnya Newton si beruang yang lucuu.  

2. Si merah jambu berbulu meyakinkan, karakter depannya kelinci Wabbit, hadiah ngisi angket majalah Babyboss.  Saya senang bangetlah dapet buku ini.  Soalnya lagi nyari diary polos, eh, kebetulan yang mujizatik (bersifat seperti mujizat, -red.), sebuah paket diantar ke rumah setelah saya pun lupa sudah ngirim angket.  Ditujukan kepada saya dan isinya benda idaman saya.  Mujizat itu nyata, sodarasodari! Ini saya pakai pas kelas 3 SMA sampai beberapa bulan sesudah lulus, tepatnya selama saya merajut cerita di kelas XII IPS 2 yang ributricuhbinrusuh dan waktu lagi jalan-jalan melulu sama Devika sampai ke Jakarta.  Banyak gambar dan tempelan-tempelannya.  Habis kertasnya tebel, jadi nggak tembus-tembus juga kalau dispidolin.  Makanya warna-warni.  Nah, sampul berbulunya itu ada kantung-kantung kecil.  Alhasil saya taruh juga tiket, label baju, bungkus sumpit restoran mahal, sampai bon penting di situ. 

3. Masih bernuansa merah muda, tapi yang ini karakternya babi, mereknya Dadifang, made in China, sembilan belas ribu dapet di Gramedia Merdeka.  Belinya spontan, karena kertasnya polos dan kekuningan, yang menandakan pengalaman mencoratcoret yang indah! Itu diary paling anyar yang baru habis awal September barusan.  Isinya agak semrawut.  Soalnya ukurannya nanggung gitu, panjang kurus dan kertasnya copot-copot! *kecewa Tapi tetap warna-warni, karena saya ngoleksi aneka spidol warna, dan banyak gambarnya, walau gagal bikin 'novel grafis' gaya-gaya Curhat Tita gitu. :P 

4. Si putih buku polos berkulit tebal yang ada karet penyegelnya.  Depannya ada gambar cewek pakai baju aneh.  Ini kehebohan pasca-Wabbit.  Udah berniat bikin novel grafis juga, tapi tetap gagal! Jadinya tetap banyak tulisan gambar selingan, atau benar-benar gambar doang tapi tanpa arah dan tujuan.  Hal paling berkesan yang dimuat dalam diary ini adalah: pertama kali masuk kelas CCF, gempa bumi kecil, dan bikin kue kering.  Hehe. 

5. Lagi-lagi buku dengan ring! Yang itu kisah kelas 1 SMA semester dua saya.  Waktu saya udah kelas XC alias semi-IPS (metode semi-semian yang aneeh sekali).  Oleh-oleh Papa dari...er...Jakarta, gitu ya? Lupa.  Gambar depannya kartun gaya Cina atau Korea--kurang paham.  Ini hampir semuanya didominasi huruf doang, jarang digambar dan nulisnya cuma pakai bolpoin item.  Nggak keburu! Anak sekolah sibuk!  

6. Masih ada kaitan dengan buku sebelumnya, ini gambarnya gedung-gedung imut bernuansa pink dan biru muda.  Kelas 10 semester satu, ya, saya pakai yang ini.  Ditulisnya sehari selembar, pakai bolpoin, Bahasa Indonesia, setiap malam sebelum tidur atau sore sesudah mandi. (duh, freak sekalii!).  Tapi isinya lumayan menyenangkan lho.  Kadang-kadang kalau baca lagi saya ketawa juga.  

7. Si Forever Friends beruang gendut depan toko permen/ bunga ini hadiah dari Ella, teman sebangku saya selama 6 bulan di kelas XD.  Saya juga kaget.  Nggak pernah ngasih kado juga ke dia, tiba-tiba dikasih kado pas ulang tahun! Owalah, Ella...makasih ya.  :) Jadi kangen. Udah gitu kita duduk bareng, pula.  Nah, diary yang ini ditulastulis pas saya kelas XI IPS sampai kelas XII awal (rasanya sih).  Pokoknya karena tebal, panjang deh ceritanya, 2008-2009 pun sempat bertukar tempat segala.  Oh iya, belum warna-warni, masih bolpoin doang.  

8. Dan si kuning muda itu adalah buku harian bergembok saya pas kelas 7! Saya inget banget tulisan pertamanya bikin bareng Esther-Tumpul di bus pas mau tur ke Jogjakarta.  Gubrak!  Gambar depannya cewek kribo bergaya ramai yang kurus dan berpose imut.  Isinya masa puber banget.  Suka tiba-tiba bete.  Cuma nulis BETE! doang, dan lain sebagainya.  Nggak terlalu asyik dibaca ulang, sih...

9. Cozy Pets! Saya suka banget gambar dan karakter beruang, kucing, dan anjing kecilnya.  Terus ada gemboknya.  Itu diary saya waktu kelas 8A, yang menurut saya kelasnya enak.  Nggak tahu kenapa bikin nyaman dan aman.  Padahal wali kelasnya salah satu killer.  Tiap hari ganti tempat duduk.  Terus orangnya aneh-aneh.  Namun kelas tersebut begitu berkesan--jangan tanya kenapa.  Oh iya, nih buku diisinya banyak pakai pensil dan agak tak berkonsep.  

10. Dear My Angel, depannya pink, kala tersebut, tren sedang berada di foto-foto unyu dari Korea, kayak CafĂ© Pupu (kue-kue, permen, biskuit, dikasih tambahan mata yang imut-imut, senyum...), tapi yang saya depannya gula-gula padat bentuk hati yang ada senyum-senyumnya.  Hangatlah kesannya.  Ini diary, entahlah, ditulisi pada masa super labil, tapi warna-warni dan isinya adaan, lho! Percaya atau tidak. Walau kalau nggak salah, harganya memang agak mahal jadi saya sayang-sayang juga. Peralihan kelas 6 ke kelas 7 ternyata membawa keindahan tersendiri kali ya... Oh, satu lagi yang spesial, aroma buku yang ini paling enak! Enak diendus.  Nyam nyam.  

11. Si hijau itu, OCHAKEN, bukan diary tapi agenda yang isinya: 
Selasa, 21 Agustus 2007 
1. PR Mat hlm. 10
2. Bawa suling!
3. Komik Kobochan buat Si Buyung* (*bukan nama sebenarnya)
4. Ada SM, bawa suling, oy! 
5. Les pianooo! :D

Demikianlah.  Hehehe.  Hebat banget ya, di tengah kesibukan sekolah masih inget bawain komik. Itu memang sudah profesi saya, lagi.  Rental komik gratisan. :P 

12. Sebelah OCHAKEN juga sejenisnya, tapi ada daftar belanjaan segala dan disegmen per bulan.  Maskotnya lucu banget deh, cewek rambut helm pakai kacamata gitu.  Edgy abis.  Itu daftar belanjaannya saya suka banget, apalagi pas pertama kali beli barang The Body Shop, yaitu sampo Olive-nya.  Aih. <3 Oh iya, daftar belanjaannya juga unik karena dikasih dua stempel manual sama saya.  Gambar daun kalau saya belinya tanpa kantong plastik, dan gambar bendera merah putih kalau saya beli barang lokal.  Akhir tahun dihitung...dan...tidak proporsional. :P 

13. Itu agenda bonus CosmoGirl! yang isinya tempelan bon dan sketsa-sketsa bercanda doang.  Hehe. 

14. Nah, yang kecil kurus nyelip sendirian, adalah agenda hadiah Natal-nya SMA Yahya, yang sampul depannya hanya hitam emas menjenuhkan, jadi saya bungkus kain gambar kue-kue saja biar menghibur dan lebih berkarakter.  Masih satu spesies sama OCHAKEN, disegmen perbulan, dan di situlah lahir stempel daun dan bendera di daftar belanjaan saya.  :) Ini buku tugas seriiing banget pindah tangan atau keliling kelas karena dilihatin orang.  Soalnya saya rajin nyatet PR (bikinnya sih nggak terlalu), ulangan, dan jadwal ulum.  Puh.  Masa SMA. 

15. Notes kecil, masih satu spesies, tapi format percobaan jadi berantakan.  Hehehe. 

16. Waktu SD, White adalah karakter orji favorit anak-anak cewek! Saya ngotot dong, belinya, ngeyel ke Papa sampai dianterin ke Super Indo Buah Batu dan setelah memilih-milih + mengendus aroma kertasnya, saya beli juga satu dengan mata berkaca-kaca penuh terima kasih pada Papa (maaf ya, anak kecil ini ngerepotin, maklum, masih SD).  Mana pulangnya macet.  Aduh, maaf, Papa.  Hahaha! Anakmu telah menjadi korban tren.  Dulu kan semua anak SD punya orji lucu-lucu gituuu, terus tukeran kertas-kertasnya lucu gituuuu.  Inget banget deh, dulu orjinya Inez-Tumpul tuh Sport Sanny atau apa, pokoknya gambar cewek pakai sepatu roda (atau papan luncur?), dan saya seneeeng banget pas punya orji juga, jadi bisa tuker-tukeran dan pamer ini itu.  Duh, anak SD zaman sekarang masih senorak itu nggak ya? Hei, anak-anak SD, sekarang lambang status kalian apa, sih? Eh, sekedar info, di kantung bening orji ini ada: tanda tangan Agnes Monica ASLI, foto Yagira Yuuya yang saya temukan di koran dan bikin jatuh cintrong, dan benda lain yang kurang penting tapi penuh kenangan.  Gitulah. Masa puber.

17. Notes jilidan tak bergizi.  Padahal lucu, sayang yang ngisi masih norak, jadi kacau deh. 

18. Cardcaptor Sakura! Yang disantronin tiap Minggu pagi jam 7 bikin males ke gereja. :P Yap, saya punya buku kenangan dong, seperti anak SD lainnya (lambang.status.sosial)! Tentu saja isinya data diri anak-anak di kelas, yang kalau dibaca lagi bikin ngakak.  

19.  Nah, kembali ke...diary! :) Ini pas kelas 9, mungkin ada jejak-jejak kelas 8 juga.  Lupa.  Dan ini pun nggak habis-habis kaya si Forever Friends.  Nulisnya pakai bolpoin langsing warna merah muda, hijau toska pudar, dan biru.  Sehari selembar, di halaman bagian bawah ada kotak, saya biasanya nulis quotes yang bagus gitu.  Sok iye bangetlah! 

20. Peter Rabbit biru, pas kelas 6 SD... isinya ya, penuh kemarahan (puber, harap maklum).  Apa aja diomelin.  Ngeceng cowok aja malah bikin marah-marah.  Payah banget sih! 

21.  Dan ini dia, si primer alias perdana! :D Peter Rabbit merah! Yap, di sinilah sejarah hidup hormonal saya mulai ditorehkan dengan pensil/ bolpoin/ apa saja.  Depannya rapi lho, tapi ke belakang-belakang bisa tiba-tiba ada sehalaman isinya cuma: BETE!!! SEBEL!!! JIJAYYY!!! + muka orang marah bertaring segala segede gaban.  Saya kenapa sih waktu itu?! 

Dan saya masih melanjutkan tradisi lho! Saya sudah punya 3 buku baru untuk diary.  Semuanya kertas polos! :D 

Satu yang lagi saya pakai, akan saya kasih intip dua halaman saja.  :) Warna depannya merah kertas daur ulang, bikinan Rumah Bagus, empat belas ribu.  Tadinya mau dibikin dream book, tapi belum ada inspirasi, jadi malah dialihfungsikan.  Ternyata enak ditulisin + digambarin. :)







Begitulah! Ngomong-ngomong sekalian saya kenalin juga calon buku harian berikutnya yang didapatkan di Muji seharga 35 ribu (untuk ketebalan dan kualitas yang bahkan melebihi harganya!) bersama spidol-spidol 8000an yang menurut saya ekonomis dan warnanya bagus pula.  :) Monggo...


Baiklah! Pos hari ini sudah begitu banyak.  Mari bertobat.  Selamat menjelang hari Minggu ya!  :D

4 komentar:

Unknown mengatakan...

kreatif deh orangnya kamu, kalau saya paling malas dengan kata NULIS haha tak tau deh kenapa :)

Ningrum mengatakan...

Hahaha...malas nulis tapi nulis blog tuh. :P

Gabby Pali mengatakan...

Ahai so many similar thing between us... xD btw jadi tergoda beli pen nya buat nyoret-nyoret lagi hahahaha

Ningrum mengatakan...

Chino: Hehehe, iyaa. :D
Iya, itu pennya enak banget buat nulis, gambar, dll. Sayangnya naik harga jadi 10ribu... :'(( Yah, tapi masih lebih murah dari Stabilo Point sih (soalnya ujungnya dua macem). :D