sepintas kecerewetan

Senin, 24 Oktober 2011

Kalau Anda Terdampar di Bandung dan Lapar...

Bicara soal perut keroncongan, saya jadi ingin merekomendasikan tempat-tempat makan lezat di Bandung. 

Mari kita mulai! 

Le Bistrot
CCF Bandung
Jalan Purnawarman, seberang BEC

 
Sebuah kafe bernuansa hangat yang di tengah mejanya ada lilin dalam gelas kaca, menyajikan makanan-makanan ala Perancis yang mudah akrab di lidah.  Buku menu tersedia dalam dua bahasa : Indonesia dan Perancis.  Rasa makanannya istimewa dan selalu membekas di hati.  

Rekomendasi saya, cobalah rangkaian pizza mereka, yang ukurannya sepiring untuk sendiri, memiliki roti tipis renyah, dan saus tomat berempah yang menggoda iman.   
Koleksi pasta mereka juga menyenangkan.  Favorit saya: Spaghetti Pomodoro Fresh, yang sausnya merupakan pasta tomat yang diaduk merata bersama pastanya, dihiasi daun basil, keju parmesan, olive oil, yang berpadu membentuk rasa yang spesial. Cocok untuk vegetarian. Mereka juga punya pasta Carbonara dan Bolognaise

Salad-salad Le Bistrot juga enak.  Saya dan Esther dulu tergila-gila pada Greek Salad, sayangnya sekarang sudah tak ada.  Tapi koleksi yang sekarang juga tak kalah menarik! 


Harga: IDR 5.000 ("Kue Hari Ini" alias Gateau de Jour) - 30.000

Catatan:hari Minggu mereka tutup! :)


Rosti Badranaya Bistro
Toko Kue Merdeka
Jalan Merdeka, Seberang Bandung Indah Plaza
Bandung



Bistro yang anehnya sepi, padahal rasa dan pelayanannya seratus jempol! :D Kalau makan di sini, dapat air putih gratis yang bisa diisi ulang.  Rekomendasi saya adalah koleksi steak-nya.  Karena saya (lagi belajar) jadi vegetarian, maka saya nyobain Poached Salmon yang ternyata dengan harga 40.000 Rupiah sama sekali tidak mengecewakan! 

Makanan ini isinya fillet ikan salmon bertabur potongan kurus-kurus kol dan wortel (mirip salad ala Jepang itu) yang dikukus ditemani dua bongkah kentang rebus yang enak dalam kuah beraroma mirip kuah tom yam tanpa cabai dan serai.  Makan ini harus ditemani saus putihnya yang sempurna.  Oke, dengan harga 40.000, rasanya ukuran salmonnya juga nyaris terlalu besar! Makanya saya puas. :9 

Di tempat ini, saya dan Esther (yang pesen Oxtongue) merem-melek dan makan beeegitu lama karena tidak mau makanan kami habis.  Kami sudah rencana akan kembali dan mencoba menu lain! 

Selain aneka steak, mereka juga menyajikan salad, pasta, dan puding karamel yang kayaknya enak. 
harga: s/d 40.000 Rupiah 

catatan: ENAK BANGET! Hati-hati ketagihan.  

Niagara 
ikan bakar unik
Jalan Gegerkalong
Bandung

Sejak pertama kali makan di sini, saya sudah jatuh hati oh jatuh cinta oh jatuh bangun.  Pilihan jenis ikannya banyak (barakuda, barakuda biru, kakap merah, etong, kuwe, bawal, catfish, belut laut, sate cumi), sudah dalam bentuk potongan atau satu ekor, dibakar dengan bumbu yang sangat lezat dan disajikan bersama sambal kacang pedas dan nasi putih.  Selain ikan bakar, mereka punya cah kangkung, nasi goreng, dan martabak serta aneka jus buah.  

Untuk pemula, sebaiknya Anda memilih ikan bakar BIASA tanpa tambahan saus (mereka akan menawarkan saus).  Rasanya asin, gurih, sedikit pedas, dan kematangan ikannya juga tanpa cela! Dicocolkan ke sambal kacangnya, Anda akan ketagihan.  Kegilaan. Kayak saya sekeluarga.  

harga ikan bakar: variatif, tergantung jenis ikan.  8.000 - 40.000 Rupiah 

catatan: susah parkir, jadi kalau bisa datang di jam yang tak terlalu ramai atau naik kendaraan umum :P 

Demikian informasi amatiran dari saya! :3 Ngomong-ngomong saya lagi belajar dua sonata dari zaman yang sama-sama beda.  Satu sonata dari Scarlatti, yang gayanya mirip Bach tapi tidak sekompleks si Om Bach. Satunya lagi bikinan Haydn, yang mengingatkan saya pada orkestra saya karena banyak efek-efek pizzicato alat gesek dan orkestra alat gesek.  Ini lagu cuma 3 halaman tapi...merapat! Togenya desak-desakan kayak bus kota.  Namun saya sangat menyukai musiknya sendiri.  Enak di telinga! 

Satu lagi PR saya adalah Etude dari Chopin yang terkenal sebagai etude yang alirannya mirip harpa, dan memang seperti itu.  Nadanya sangat cantik, tapi jari-jari saya jadi sibuk setengah mati.  Hehe. 

Anyway, tetap ceria! :D 

cerita-cerita produk baru (baru dipakai saya, maksudnya) di citraramya, klik di sini.

kisah teranyar buatan saya, klik yang ini. 

Selamat Hari PBB! :D 

xoxoxo